Cara Menggunakan Mesin Cutting Sticker

Banyak sekali orang yang ingin memulai usaha sendiri secara mandiri akan tetapi tidak memiliki pengetahuan atau ilmu yang cukup, seperti pelanggan pelanggan kami yang ingin memulai bisnis cutting sticker tetapi tidak tahu cara menggunakan mesin cutting sticker yang akan dibeli. Di sini akan kami terangkan detail cara operasionalnya sehingga anda tidak perlu takut memulai bisnis ini, karena memang bisnis ini tidak sesulit yang dibayangkan.

Penggunaan mesin cutting sticker harus tepat dan benar, jika tidak maka kerugian bukan hal yang terhindarkan lagi, bahkan bisa bisa merusak mesin itu sendiri, tentunya tidak ada seorangpun yang ingin berinvestasi pada suatu mesin dan kemudian mengalami kerugian.

Oleh karena itu, memiliki pengetahuan yang cukup tentang bagaimana mengoperasikan mesin cutting sticker menjadi ilmu yang penting untuk dikuasai. Berikut ini kami jabarkan langkah demi langkah yang harus diambil.

Cara Menggunakan Mesin Cutting Sticker

  1. Persiapan
    Siapkan peralatan dan bahan bahan yang diperlukan seperti mesin cutting sticker, komputer yang telah lengkap dengan software design yang diperlukan seperti coreldraw atau software bawaan mesin cutting, pisau cutter, penggaris, dan gunting. Jangan lupa siapkan bahan sticker, polyflex dll yang ingin dipotong, siapkan juga transfer tape untuk menempelkan sticker di tempat yang kita inginkan.
  1. Hubungkan mesin cutting sticker dengan komputer.
    Seperti umumnya hardware yang dihubungkan dengan komputer pasti kita perlu menginstall software dan driver yang mendukung perangkat cutting sticker untuk bekerja.
  1. Menyiapkan design gambar.
    Setelah komputer terhubung dengan mesin cutting, kita bisa memulai membuat design yang hendak kita potong dengan mesin tersebut, design bisa dibuat di semua jenis software design tetapi software Corel Draw adalah pilihan paling umum para designer, Setelah semuanya selesai eksporlah gambar tersebut ke dalam software ArtCut yang adalah software bawaan mesin cutting sticker.
  1. Memasang sticker ke mesin cutting.
    Printer dan mesin plotter sudah terhubung, software sudah diinstall, design sudah jadi, sekarang saatnya kita memasang sticker yang ingin kita potong ke dalam mesin potong sticker. Pasanglah sticker sesuai warna yang dipesan oleh konsumen, misalnya tulisan atau gambar putih maka masukkan sticker warna putih ke mesin potong sticker, jangan warna lain. Pasanglah sticker pada rol atau roda penjepit yang ada di mesin, pada umumnya terdapat 3 penjepit pada mesin cutting sticker.
  1. Siapkan mesin cutting, tekan tombol On, setel bahan supaya lurus, salah setel bahan bisa  menyebabkan masalah di hasil print dan pemborosan bahan sticker.
  2. Setel jarum atau pisau potong, pastikan berjalan dengan lancar lalu tekan OK.
  3. Sekarang kita harus menyetel kecepatan gerak dan juga tekanan pada pisau, disesuaikan dengan ketebalan bahan yang kita pakai, memotong sticker tipis dan bahan tebal pasti berbeda.
BACA  video reset printer dtg kedap kedip

Setelah semua langkah di atas telah kita kerjakan dengan benar dan teliti, sekarang mesin cutting sticker yang kita beli telah siap digunakan untuk memotong gambar. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Buka program ArtCut yang telah anda install sebelumnya, tentukan lebar dan panjangnya sesuai kebutuhan. Kemudian klik create, import gambar yang telah Anda desain. Kecilkan tampilan agar tampak keseluruhan. Lalu klik cut/plot atau bisa menggunakan tombol Ctrl+k. Kemudian klik Start. Proses pencetakan gambar sudah berjalan.
  2. Setelah gambar tercetak pada sticker, selanjutnya lakukan pengelupasan atau buanglah bagian-bagian yang tidak tercetak. Lakukan hal ini dengan sangat hati-hati agar tidak merusak sticker tersebut. Setelah proses pengelupasan selesai, tutup bagian atas sticker atau lapisi dengan transfer tape.

Sampai disini seluruh proses telah selesai kita jalankan, jika membeli mesin cutting dari kami maka anda semua akan mendapatkan pelatihan langsung cara menggunakan mesin cutting sticker ini.

Tagged with:

Filed under: Mesin Cutting StickerSablonTips dan Training

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!