Cara Merawat Mesin Cutting Sticker

Walaupun pada dasarnya mesin cutting sticker merk merk ternama seperti mesin cutting cameo, graphtec, roland memang memiliki daya tahan yang kuat dan telah terbukti awet dan sangat jarang bermasalah, tetapi sebagai pemilik mesin cutting kita tetap harus memahami cara perawatan mesin cutting tersebut.

Sedangkan mesin mesin merk china seperti redsail, jinka dan lain lain memang lebih sensitif dan rewel sehingga membutuhkan perawatan extra karena tanpa memahami dan merawat dengan benar atau bila dioperasikan dengan cara yang salah, mesin mesin china ini rata rata hanya berumur 4 bulan sudah mulai bermasalah.

Di dalam artikel kali ini saya akan membagikan tip tip bagaimana cara merawat mesin cutting sticker.

Cara Merawat Mesin Cutting Sticker.

  • Selalu membersihkan mesin cutting dari debu apalagi bila daerah anda berdekatan dengan jalan raya yang banyak kendaraan lalu lalang, setelah itu jangan lupa ditutup dengan sarung.
  • Jagalah kebersihan lingkungan anda, jangan meninggalkan bekas bekas makanan dekat dengan mesin, karena kecoak dan tikus bisa masuk dan bersarang di dalam mesin dan merusak mesin cutting anda.
  • Jangan makan minum dekat mesin karena selain menghindari point di atas juga menjaga jangan sampai ada kecelakaan mesin rusak ketumpah cairan, dimana hal ini akan menghilangkan garansi.
  • Gunakan UPS atau setidaknya stabilizer untuk menjaga agar pekerjaan tetap lancar walaupun mati lampu, dan juga menjaga kestabilan listrik yang tentunya akan menambah keawetan mesin plotter tersebut.
  • Jangan sekali kali menggunakan spray tipe WD karena akan merusak mesin, cukup gunakan spray silikon sekali kali untuk menjaga bagian bagian yang berputar.
  • Waktu memasang pisau, aturlah pisau keluar secukupnya saja, jangan terlalu dalam karena akan merusak cutting mat dari mesin, bila menurut anda pisau tidak cukup keluar, anda bisa mengatur ketebalan bahan dari software ( terutama bila anda menggunakan mesin cutting cameo, maka di software silhouette studio ada menu pengaturan ketebalan bahan)
  • Bila ingin mencabut kabel baik kabel power maupun kabel usb, maka lakukan setelah mematikan mesin cutting sticker anda, jangan di cabut dalam posisi menyala, karena bisa merusak mainboard mesin anda.
  • Sebisa mungkin mesin bekerja di ruangan ber-AC, jika tidak maka khusus mesin mesin china mesin cutting stickernya akan cepat rusak, sedangkan untuk mesin cutting silhouette cameo memang ditujukan untuk industri rumah tangga atau hobby, maka mesin bisa diistirahatkan setiap 2 jam sekali.
  • Seting tekanan pisau secukupnya saja, supaya mesin tidak bekerja terlalu keras sehingga mengurangi umur dari mesin.
BACA  Mesin cutting sticker Roland

Demikian hal hal yang harus diperhatikan bila memiliki mesin cutting sticker. Semoga usaha anda lancar dan mesin anda selalu awet.

Bila ada masalah bisa menghubungi

NeojetDigital di 08161601859

Filed under: Mesin Cutting Sticker

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!