Mesin print kaos yang dimaksud adalah direct to garment printer yaitu salah satu teknologi terbaru dari bisnis percetakan kaos yang berbeda dengan sablon kaos pada umumnya. Jika pada umumnya sablon manual disebut screen printing karena menggunakan screen atau layar, maka mesin print kaos menggunakan tinta khusus yaitu tinta tekstil atau tinta garment yang di print langsung diatas media kain, kaos terutama yang berbahan cotton.

Sedangkan mesin print kaos lebih dikenal dengan percetakan langsung ke kain, digital print kaos, printer kaos satuan, printer kaos, printer cetak kaos, percetakan pakaian digital dan sebagainya, Terus kapan dan dimana munculnya teknologi ini ?

mesin print kaosIndustri direct to garment yang serius dimulai di akhir tahun 2004 pada pameran SGIA di Minneapolis. Di mana pada pameran tersebut Mimaki dan U.S Screen sama sama memamerkan Mesin print kaos mereka untuk pertama kalinya – Mimaki dengan tipe GP-604 dan U.S Screen dengan tipe Fast T-Jet (Dibuat oleh MasterMind di Jepang)

Akan tetapi pada awal mula  munculnya teknologi ini di tahun 2004, mesin yang dijual harganya sangat mahal demikian juga tinta yang dipakai harganya juga mahal, sehingga sama sekali tidak ekonomis.  Pada tahun 2005, Komit meluncurkan produk mereka dengan nama The Storm and Thunder dimana investasi yang dibutuhkan untuk bisnis ini saat itu berkisar 200.000 sampai 250.000 dollar, suatu nilai investasi yang sangat besar.

 

Mesin print kaos The Kiosk

Pada Oktober 2005, The Kiosk memamerkan mesin print kaos pertama mereka di pameran ITMA, Singapore.  Mesin ini menawarkan berbagai kemajuan teknologi dibanding sebelumnya seperti  software untuk mengatur penggunaan volume tinta warna tertentu saja, headcleaning otomatis dan chip resetter yang lebih user friendly dibandingkan dengan printer printer cetak kaos dengan harga yang sama.

BACA  Printer kaos 3d

Hingga tahun 2005, semua printer kaos yang ditawarkan hanya bisa digunakan untuk print di atas kaos berwarna cerah atau kaos putih saja karena belum adanya teknologi tinta putih. Tanpa adanya tinta putih, maka tidak dimungkinkan kita untuk mencetak gambar diatas kain hitam atau berwarna gelap akan warna warna tersebut akan tidak kelihatan atau tercampur dengan warna dasar kain.

 

Tagged with:

Filed under: Printer dtg

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!