Banyak yang bertanya mengenai error mesin cutting silhouette cameo atau portrait tidak bisa mendeteksi registration mark untuk melakukan pekerjaan print dan cut.

Mengenai penyebab kenapa mesin cutting silhouette cameo atau portrait Anda mengalami kesulitan deteksi registration mark yang telah dibuat? Penyebabnya ada banyak faktor, ada yang sederhana dan ada yang rumit demikian juga teknik penyelesaiannya.

Registration Mark Error : Registration Mark tidak diprint atau hanya di print sebagian.

Sebagian masalah muncul karena kita lupa menambahkan registration mark sewaktu print, karena itu jangan lupa untuk mengaktifkan registration mark di silhouette studio dengan cara menekan huruf M di keyboard atau dengan mengaktifkan menu motif di jendela pengaturan halaman (page setup) dengan memilih motif jenis satu

image

Hal lain yang harus diperhatikan adalah pengaturan ukuran kertas, yaitu harus dipilih di halaman pengaturan kertas pilihlah printer saat ini supaya hasil registration mark yang dicetak sama seperti settingan printer kita di printers dan devices.

image

Mesin cutting silhouette cameo gagal mendeteksi registration walaupun registration mark sudah dicetak.

Terkadang walaupun registration mark sudah dicetak dengan benar di atas hasil print, tetapi tetap saja mesin cutting cameo gagal mendeteksi adanya registration mark sehingga tidak bisa melakukan pekerjaan print and cut. Maka beberapa hal lain mesti diperiksa settingannya apakah sudah tepat atau ada yang terlewat.

Pertama periksa kembali jenis registration mark yang kita pilih pada penjelasan di atas, di mana motif atau registration marik yang dipilih haruslah jenis 1 untuk yang memakai mesin cutting cameo, mesin cutting portrait dan curio, mesin mesin di atas jika menggunakan jenis marking jenis 2 akan menghasilkan pesan kesalahan error di mesin plotternya.

BACA  printer dtg yang paling bagus

Kedua pastikan posisi hasil print yang dimasukkan ke dalam cameo sama dengan posisi di software silhouette studio.

Ketiga karena mesin plotter cameo menggunakan sensor optik seperti halnya mata manusia, maka pastikan kondisi sekitar sensor cukup terang sehingga sensor bisa mengenali registration mark yang telah kita buat. Bila perlu tambahkan lampu untuk menambah intensitas cahaya.

Keempat amatilah di sekeliling dan di sekitar marking yang telah kita buat, jelas dan bersih dari cemaran tinta dan kotoran kotoran lain sebab akan membuat sensor mesin cutting gagal mengenali registration mark, akibatnya gagal lagi melakukan print and cut.

Kelima pastikan ukuran kertas yang kita pilih dengan settingan printer kita sama persis, cocokkan ukuran gambar hasil print dengan ukuran di monitor, ukur dengan penggaris apakah ada perbedaan ukuran, jika ada setting kembali parameter yang ada.

Keenam masukkan cutting mat pada posisi yang tepat, tidak terlalu ke kanan ataupun ke kiri, terlalu ke kanan atau ke kiri akan membingungkan mesin cameo Anda.

Ketujuh jika mesin cutting cameo sudah berhasil mendeteksi registration marking dan berhasil melakukan print and cut, akan tetapi hasil cutting melenceng tidak sesuai dengan yang kita inginkan, sedangkan ukuran kertas dll sudah cocok, mungkin ini saatnya untuk melakukan kalibrasi ulang.

Terima kasih dan jika ada pertanyaan bisa diajukan melalui WA NEOJET di 0816-160-1859

Tagged with:

Filed under: Uncategorized

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!