Printer Dtg Tidak Presisi

Banyak sekali pemilik printer dtg yang datang ke saya, ada yang cuma bertanya dan ada juga yang minta printer dtgnya diperbaiki karena tidak presisi. Tetapi sayang sekali saya tidak bisa memperbaiki masalah pada printer mereka karena printer dtg yang tidak presisi adalah berhubungan dengan sistem dan teknik perakitan serta bahan bahan yang dipakai.

Sistem Penggerak Printer Dtg

Saat ini sistem penggerak printer dtg rakitan yang dijual di Indonesia mengcakup 2 jenis utama yaitu dengan menggunakan rel laci dan linear moving bearing/bushing. Printer dtg yang menggunakan penggerak belt system masih jarang di rakit karena komponen komponen yang masih di import.

Dtg dengan Rel Laci

Dtg dengan rel laci mungkin jenis printer textile paling umum dan murah serta gampang dan cepat dalam proses perakitannya. Tetapi rel laci adalah buat membuat penggerak laci yang notabene jauh lebih ringan dibandingkan dengan platen dtg, maka printer tipe ini sering bermasalah dengan standar presisinya, dengan kata lain biasanya tidak presisi. Apalagi jika rel laci tersebut kering kurang pelumas, akan terjadi sendatan sendatan selama proses sablon baju digital tersebut.

Karena dibuat dengan tujuan membuat printer sablon dtg murah, maka faktor faktor lain juga menggunakan bahan bahan murah dan gampang dibuat, perihal bodi biasanya hanya menggunakan multiplek/triplek atau maksimal hanya menggunakan akrilik yang dicat seperti logam. As penggerak juga tidak menggunakan bearing yang mahal tetapi menggunakan tatakan akrilik saja.

Bagi yang ingin serius dan mendapatkan keuntungan dengan sedikit masalah, tidak disarankan menggunakan printer dtg jenis ini.

Printer dtg dengan Linear Moving System

Jenis kedua yang juga cukup banyak di pasaran adalah yang menggunakan penggerak linear moving system, cara penggerak ini cukup ringan dan lancar meminimalkan gerakan gerakan tersendat yang sering terjadi pada rel laci.

BACA  Penggunaan Pretreatment Kaos Gelap

Hasil print sablon dengan dtg ini boleh dibilang cukup presisi dan jarang bermasalah.

Faktor lain penyebab printer dtg tidak presisi

Selain faktor penggerak, maka faktor lain masalah dtg yang tidak presisi adalah keahlian perakit printer dtg itu sendiri, jika tidak ahli maka walaupun dengan menggunakan linear moving bearing juga tidak akan menghasilkan printer dtg berkualitas.

faktor lain adalah mungkin printer dtg pernah jatuh dan merubah struktur printer itu sendiri.

faktor lainnya adalah ketidaktahuan pengguna dengan tata cara perawatan printer sehingga printer menjadi mudah rusak.

Pemecahan Masalah

Satu satunya cara mencegah masalah printer dtg tidak presisi adalah jangan membeli kucing dalam karung, usahakan membeli dari vendor yang bersedia memberikan demo printer dan menjanjikan hasil sablon akan sama dengan printer demo.

Dan jika masalah sudah terjadi, maka mintalah pertanggungjawaban dari vendor tempat Anda membeli karena biasanya vendor lain tidak bersedia memperbaiki printer vendor lain jika masalahnya adalah tidak presisi karena memperbaiki printer sablon yang tidak presisi yang disebabkan oleh sistem perakitan sangat memakan waktu.

Tagged with:

Filed under: Tips dan Training

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!